top of page
  • Writer's pictureAdmin

5 Kelebihan Teknik Pemasaran Online yang Harus Anda Ketahui





Teknik pemasaran digital yang baik dapat menghemat pengeluaran perusahaan.



Saat ini teknik pemasaran online masih menjadi ujung tombak dari para pegiat bisnis. Terlebih lagi di masa-masa penuh adaptasi akibat merebaknya pandemi, pemasaran dengan media online seakan dapat membantu perusahaan untuk mempertahankan pelanggan, tanpa harus melanggar ketentuan kesehatan.


Jika dibandingkan dengan teknik yang konvensional, pemasaran online memang memiliki banyak keunggulan yang membantu dalam menggenjot roda perekonomian bisnis. Apa saja kelebihan tersebut? Artikel ini akan mengulasnya dengan lengkap.


5 Kelebihan Teknik Pemasaran Online

Pemasaran secara online sudah mulai mendapatkan pamornya di 5 tahun terakhir ini. Terlebih lagi sekarang perkembangan teknologi semakin pesat, memberi imbas yang begitu positif pada kustomisasi perusahaan yang berkecimpung dalam ladang bisnis. Berikut adalah bahasan tentang 5 kelebihan pemasaran melalui media online yang harus Anda ketahui.


1. Akses tanpa batas

Kelebihan yang pertama ini datang dari karakteristik platform online, yaitu menghapus sekat-sekat geografis. Anda bisa melakukan pemasaran produk ke belahan dunia manapun, tanpa harus repot-epot memesan pesawat dan menginjakkan kaki ke sana. Jika dunia pun bisa Anda kelilingi, apalagi daerah-daerah lokal yang ada di Indonesia.

Inilah yang kemudian menjadikan teknik pemasaran via online sampai sekarang masih memegang hati para pengusaha. Sebab Anda bisa menjangkau target pasar dimanapun, tanpa harus pusing memikirkan aksesnya.


2. Biaya yang ramah

Umpamakan saja jika Anda harus menjaring konsumen dalam jumlah besar. Jika menggunakan mode konvensional, penjaringan ini tentu membutuhkan biaya akomodasi, transportasi, dan pastinya gaji pegawai.

Coba saja kalkulasikan jika kegiatan ini Anda lakukan secara berkala, pasti membutuhkan biaya yang besar. Namun jika tak dibiayai, maka resikonya adalah perusahaan Anda akan kesulitan mengembangkan bisnis. Nah, biaya operasional inilah yang bisa ditekan jika menggunakan metode pemasaran online.

Anda bisa memangkas biaya akomodasi dan transportasi, sebab semuanya bisa dilakukan dimanapun, dan kapanpun, cukup dengan ketersediaan koneksi dan peralatan digital saja.


3. Terhubung tanpa batas waktu

Dulu, sebelum pemasaran online dikembangkan, menjaga hubungan dengan konsumen memakan banyak waktu dan tenaga. Namun ketika media online sudah bisa dimaksimalkan, ternyata memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk memaksimalkan pelayanan kepada para konsumen.

Yang paling terasa adalah keterhubungan selama 24 jam penuh. Konsumen tetap bisa mendapatkan pelayanan dan respon dari perusahaan tanpa ada jeda waktu. Tentu saja ini mampu mendongkrak loyalitas dan kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan.


4. Operasional dalam waktu singkat

Kelebihan teknik pemasaran online lainnya adalah bisa membuat kegiatan operasional selesai dalam waktu singkat. Keterhubungan dengan internet memungkinkan Anda untuk menyelesaikan seluruh kebutuhan operasional dengan gesit.

Jaringan internet terhubung dalam kisaran detik, memberikan Anda keuntungan untuk melakukan promosi, penjualan, dan pelayanan dalam rentang yang cepat.


5. Iklan digital

Menentukan konten periklanan bukanlah hal yang gampang. Sama sukarnya dengan menentukan target iklan yang tepat. Namun dengan hadirnya metode pemasaran online, Anda sudah bisa bersantai sembari merencanakan kedua hal tadi.

Iklan digital memang terkenal dengan ketepatan sasaran dan segmentasi pasarnya, karena itu sangat memudahkan Anda dalam membidik calon konsumen. Dan pastinya meminimalisir kemungkinan periklanan yang sia-sia, karena salah sasaran.

Iklan digital juga memiliki kisaran harga yang jauh lebih terjangkau, dibandingkan dengan iklan yang dilakukan dengan media konvensional.

Itulah penjelasan mengenai 5 kelebihan yang dimiliki oleh teknik pemasaran online. Jadi, sudahkah Anda mencoba pemasaran online pada usaha Anda?

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia marketing ? Kunjungi website ploox.id di sini.

21 views0 comments
bottom of page